portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

PTK Kembangkan Pengelolaan Sampah Berbasis Energi Bersih Melalui Desa Energi Berdikari di Jambi

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) secara resmi meluncurkan Program Desa Energi Berdikari di Kelurahan Tanjungsari, Kota Jambi. Program ini merupakan salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PTK yang fokus pada pelestarian lingkungan. Sebelumnya, Desa Energi Berdikari Jambi adalah rumah bank sampah Omah Sinau yang dikembangkan untuk memberikan manfaat lebih banyak bagi masyarakat sekitar.

Bank sampah tersebut sebelumnya telah berhasil mengelola sampah anorganik yang dominan berupa plastik dan kertas menjadi aneka produk souvenir seperti mainan anak dan produk kreatif lainnya. Di tahun 2023, dilakukan pengembangan pengelolaan sampah organik berbasis energi bersih.

Desa Energi Berdikari Jambi adalah yang pertama bagi PTK dan SH IML. Pengelolaan sampah organik di sana dilakukan melalui tiga pengembangan terbaharukan. Pertama, sampah organik dijadikan pakan dalam Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF). Kedua, Maggot yang dihasilkan menjadi bahan utama pakan lele dalam bioflok. Ketiga, seluruh operasional pengelolaan sampah organik menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai sumber energi bersih terbarukan. Ketiga pengembangan ini juga melengkapi pengelolaan limbah rumah tangga menjadi produk bernilai tambah seperti lilin aromatik dari pengolahan minyak jelantah dan sistem pertanian vertical garden.

Melalui program ini, PTK berkontribusi pada penurunan emisi karbon melalui transformasi energi dengan memberikan akses energi terbarukan kepada masyarakat. Hal ini juga membantu mengurangi sampah rumah tangga baik yang anorganik maupun organik, sehingga dapat mengurangi sampah dari sumbernya.

Program Desa Energi Berdikari ini juga merupakan program pemberian akses Energi Terbarukan (ET) kepada masyarakat untuk pemberdayaan perekonomian mereka. Tujuan utamanya adalah kemandirian enerfi dan kemandirian ekonomi masyarakat, sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan komitmen Environmental, Social and Governance (ESG) Pertamina.

Desa Energi Berdikari ini merupakan Desa Energi Berdikari ke-64 di Pertamina Group dan juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat mengenai Energi Terbarukan.

Wakil Walikota Jambi Maulana juga mengapresiasi inisiatif dan prakarsa yang dilakukan oleh PTK. Menurutnya, upaya memberikan akses energi terbarukan kepada masyarakat lokal adalah langkah yang tepat dalam mengakselerasi transformasi energi yang lebih berkelanjutan. Ia berharap inisiatif seperti ini juga dapat dilakukan oleh perusahaan lain.

Sumber: https://pict.sindonews.net/dyn/850/pena/news/2023/10/27/94/1236577/ptk-kembangkan-pengelolaan-sampah-berbasis-energi-bersih-melalui-desa-energi-berdikari-di-jambi-zec.jpeg

Exit mobile version