portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Profil Wakasad Baru Letjen TNI Arif Rahman, Sosok Ramah yang Pernah Pimpin Pasukan Setan

Teka-teki siapa yang akan menjadi Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat akhirnya terjawab. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menunjuk Letjen TNI Arif Rahman untuk mengisi posisi yang kosong setelah Jenderal TNI Agus Subiyanto diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat.

Letjen TNI Arif Rahman diangkat menjadi Wakasad melalui Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1286/XI/2023, tertanggal 9 November 2023. Selain Letjen TNI Arif Rahman, sebanyak 105 anggota TNI dari berbagai pangkat juga mengalami mutasi pada periode ini.

Letjen TNI Arif Rahman saat ini menjabat di Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kodiklat TNI-AD).

Arif Rahman merupakan Perwira Tinggi TNI Angkatan Darat yang lahir di Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada 22 April 1966. Sejak kecil, Arif telah tumbuh dalam keluarga yang kuat akan nilai dan norma agama, sehingga dia menjadi pribadi yang ramah dan mudah bergaul seperti yang tercermin dalam kepribadian TNI hingga saat ini.

Meskipun awalnya tidak sepenuhnya yakin berkarier di militer, Arif akhirnya memutuskan melanjutkan pendidikan di Akademi Militer (Akmil) setelah melalui pertimbangan dan saran dari kedua orang tuanya. Arif lulus dari Akmil tahun 1988 dan berpengalaman dalam bidang Infanteri. Dalam kariernya di TNI, Arif pernah menjabat Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 315/Garuda, satuan tempur infanteri yang dikenal dengan julukan ‘Pasukan Setan’.