portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Soal Debat Capres-Cawapres yang Digelar KPU, Ganjar Pranowo Lakukan Persiapan Khusus

Soal Debat Capres-Cawapres yang Digelar KPU, Ganjar Pranowo Lakukan Persiapan Khusus

Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo, mengatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan berbagai hal dalam pelaksanaan debat capres-cawapres yang akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal tersebut disampaikan saat Ganjar menghadiri Mubes IX Persekutuan Gereja-Gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Kamis (30/11/2023).

Ganjar mengatakan bahwa ia belum terlalu banyak memahami mekanisme debat dan akan mempelajari teknisnya terlebih dahulu. Dia juga menyatakan bahwa persiapan khusus telah dilakukan untuk debat pertama pada tanggal 14. Ganjar akan mempersiapkan berbagai konseptual yang mudah dipahami oleh masyarakat, serta telah melaksanakannya selama menjabat sebagai kepala daerah.

KPU telah menetapkan lima kali debat capres-cawapres Pemilu 2024, yakni pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024. Debat tersebut akan dilangsungkan selama 150 menit, dengan rincian 120 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk jeda iklan.

Debat capres-cawapres akan dibagi menjadi enam segmen, meliputi pembukaan, pendalaman visi, misi, dan program kerja, tanya jawab, dan penutup. Model debat dilakukan dengan format kandidat-moderator, dengan pendalaman materi akan dipandu oleh moderator. Pasangan capres-cawapres diperbolehkan mengundang tim kampanye masing-masing maupun tamu undangan lain untuk menghadiri acara debat.