portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Sejumlah Aktivis Bedah Buku Hitam Prabowo Subianto di Tangsel

Bedah buku yang berjudul ‘Buku Hitam Prabowo Subianto’ telah diadakan di salah satu saung di sebelah Kampus UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), pada hari Senin (18/12/2023). Penulis Azwar Furgudyama menjelaskan beberapa poin dari buku tersebut.

Beberapa aktivis ’98 turut hadir dalam acara tersebut, seperti Firman Tendry, Mixil Mina Munir, Ridwan Darmawan, pegiat demokrasi Ray Rangkuti, dan aktivis Nahdhatul Ulama (NU) Savic Ali.

Azwar menjelaskan bahwa buku tersebut terdiri dari tujuh bab. Menurutnya, kehadiran ‘Buku Hitam Prabowo Subianto’ ini tidak hanya sebagai bentuk empati terhadap korban dan keluarganya, namun juga merupakan tanggung jawab sejarah untuk bangsa serta nilai moral dan kemanusiaan yang universal.

Dia juga mengklaim bahwa peluncuran buku ini mendapat banyak respons positif, yang menunjukkan tekad masyarakat untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM masa lalu.

Azwar berharap bukunya dapat menjadi pengingat akan masa-masa kelam yang telah dilalui bangsa Indonesia. Dia juga mengatakan bahwa secara pribadi, dia tidak rela jika Indonesia dipimpin kembali oleh mereka yang terlibat dalam kejahatan kemanusiaan masa lalu.