portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Kolaborasi Kelola Zakat Sukses, Ganjar Siap Terapkan Program Baznas ke Tingkat Nasional

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, berkomitmen untuk mengulang keberhasilan pengelolaan zakat bersama BAZNAS ke tingkat nasional. Saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar telah sukses dalam kolaborasi dengan BAZNAS Jawa Tengah dalam mengelola zakat, yang membuatnya meraih penghargaan dari BAZNAS RI sebagai Gubernur Pendukung Utama Pengelolaan Zakat di Indonesia.

Bersama BAZNAS, Ganjar berhasil meningkatkan jumlah penerimaan zakat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2021, jumlahnya senilai Rp57,2 miliar dan meningkat menjadi Rp82,5 miliar pada tahun 2022. Dana zakat tersebut dialokasikan untuk mempercepat penyelesaian permasalahan seperti kemiskinan, stunting, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), serta memberikan insentif untuk guru agama dan guru ngaji di Jawa Tengah.

Jejak keberhasilan di Jawa Tengah tersebut akan dilanjutkan oleh Ganjar ke tingkat nasional jika terpilih sebagai Presiden dalam Pilpres 2024 bersama Mahfud MD. Ganjar mengungkapkan hal tersebut saat bersilaturahmi dengan PCNU Kabupaten Karanganyar pada 24 Desember 2023.

Pada kesempatan tersebut, tokoh ulama pengurus PCNU Kabupaten Karanganyar turut hadir, seperti Ketua PCNU Kabupaten Karanganyar KH Nuril Huda dan Rais Syuriah PCNU Kabupaten Karanganyar KH Abdul Aziz.