portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

JK Beberkan Asal Muasal Lahan 340.000 Hektare Milik Prabowo Subianto

Wakil Presiden (Wapres) RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) membuka rahasia tentang asal muasal lahan seluas 340.000 hektar yang dimiliki calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto yang disebutkan Anies Baswedan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta pada tanggal 7 Januari 2024. Lahan tersebut terletak di wilayah Kalimantan Timur.

“Karena di debat pembicaraan di TV juga banyak yang sampaikan itu yang mengatakan lahan yang dimaksud Anies di Kalimantan yang dikuasai oleh Pak Prabowo, itu saya yang memberikan,” kata JK di kediamannya Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (11/1/2024).

JK menjelaskan bahwa ketika ia menjabat sebagai Wapres ke-10 era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Prabowo mendatanginya dan hendak melanjutkan bisnis pabrik kertas milik pengusaha Bob Hasan yang macet di salah satu bank BUMN.

Selanjutnya, JK menelpon Direktur Utama Bank BUMN kala itu menanyakan terkait pabrik kertas yang macet. JK menyebut lahan pabrik kertas hendak dijual seharga ratusan juta dollar.

“Jadi sekarang saya bilang setelah ini anda pergi ke Mandiri ketemu Pak Agus, ketemulah. Deal, saya dengar beberapa waktu kemudian maka dia bayar dan itu kemudian jadi milik Pak Prabowo pabrik itu,” tambahnya.

JK menyebut pabrik kertas membutuhkan perluasan lahan untuk menjadi hutan industri. JK mengungkap lahan yang dimaksud berada di Penajam, Kalimantan Timur seluas kurang lebih 200.000 hektare.