portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Teladan Pemimpin Jadi Kunci Pencegahan Korupsi

Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, hadir dalam program Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) Capres dan Cawapres di Gedung KPK, Jakarta Selatan, pada Rabu (17/1/2024). Ganjar menilai teladan pemimpin menjadi kunci untuk mencegah praktik korupsi, hal tersebut disampaikannya saat pidato dalam acara tersebut.

Ganjar mengungkapkan pengalaman ketika bertemu dengan anak buahnya yang memiliki pangkat terendah ketika dirinya menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Dia bertanya alasan anak buahnya melakukan praktik korupsi dan mendapat jawaban bahwa mereka melakukannya karena perintah dari atasan. Ganjar juga menanyakan bagaimana cara mencegah korupsi pada anak buahnya, dan anak buahnya menjawab bahwa salah satu kuncinya adalah adanya teladan atau contoh dari pimpinan. Ganjar juga mengingat saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) datang ke Jawa Tengah pada Pilgub 2013 dan para kandidat menunjukkan komitmen tinggi untuk mencegah korupsi.

Menurut Ganjar, teladan dari pimpinan sangat penting dalam mencegah praktik korupsi. Jika tidak ada teladan yang baik dari pimpinan, maka praktik korupsi akan terus terjadi. KPK pun menyoroti pentingnya peran lider di dalam mencegah korupsi.