portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia

BMKG Memperingatkan Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia

BMKG meminta masyarakat untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi yang diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah perairan di Indonesia, Sabtu (24/2/2024).

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi yang diprediksi akan terjadi di sejumlah wilayah perairan Indonesia pada tanggal 24-25 Februari 2024.

Menurut BMKG, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Utara-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar antara 8-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 6-20 knot.

Gelombang setinggi 1.25 – 2.5 meter diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah perairan seperti barat Aceh-Kep Mentawai, P Enggano, Bengkulu-barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, selatan Jawa-Sumba, Selat Bali-Badung-Lombok-Alas-Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu bagian selatan, Sawu – Rote, Samudra Hindia Selatan NTT.

Sementara gelombang yang lebih tinggi, di kisaran 2.5 – 4.0 meter, berpeluang terjadi di sejumlah wilayah seperti Samudra Hindia Selatan Banten-NTB, Samudra Pasifik Utara Papua.

BMKG juga memberikan peringatan risiko tinggi bagi keselamatan pelayaran, terutama bagi perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, dan kapal besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

Masyarakat yang tinggal di sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diminta untuk tetap waspada terhadap kondisi ini.