portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Menko PMK Tinjau Pos Cikampek Utama, Pastikan Arus Mudik Lebaran 2024 Lancar

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, melakukan peninjauan ke Pos Pemantauan Cikampek Utama Jasa Marga di Karawang, Jawa Barat, pada hari Senin (1/4/2024). Menko PMK memastikan arus mudik Lebaran 2024 berjalan lancar.

Muhadjir menyampaikan bahwa diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah pemudik hingga 50%. “Secara umum kita sudah siap, namun yang perlu dipersiapkan dengan baik adalah karena diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah pemudik hingga 50 persen lebih,” ujar Muhadjir dalam keterangannya.

Lebih lanjut, Muhadjir menyatakan bahwa dalam peninjauannya kali ini, ia berkoordinasi dengan pihak operator terutama Jasa Marga sebagai pengelola Tol Cikampek yang memiliki jumlah luas tol paling panjang.

Pada kesempatan itu, Muhadjir juga mengungkapkan bahwa Jasa Marga akan memberikan diskon sebesar 20% untuk masyarakat yang melakukan mudik pada tanggal 3 dan 4 April. “Tadi sudah didapat informasi bahwa salah satu Jasa Marga memberikan potongan tarif tol sebesar 20% di semua ruas di bawah pengelolaan Jasa Marga pada tanggal 3 dan 4 April,” jelas Muhadjir.

Menurutnya, kebijakan ini sesuai dengan imbauan Presiden Jokowi agar mudik dilakukan lebih awal. Sehingga, bagi mereka yang melewati tol di bawah pengelolaan Jasa Marga pada tanggal 3 hingga 4 April akan mendapatkan potongan 20%. Muhadjir juga akan berkoordinasi dengan operator lain terkait kebijakan tersebut.