portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

PDIP Bongkar 5 Kotak Pandora Diduga Sumber Kecurangan Pilpres 2024

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan ada lima kotak Pandora yang diduga menyebabkan kecurangan Pilpres 2024, Minggu (7/4/2024).

“Konsekuensinya, pemilu yang seharusnya menjadi cermin peningkatan kualitas peradaban bangsa dalam demokrasi ini direduksi hanya menjadi legalitas bagi perpanjangan kekuasaan Presiden Jokowi melalui nepotisme,” kata Hasto dalam diskusi “Membuka Kotak Pandora Sirekap Saksi Bisu Kejahatan Pilpres 2024” secara daring.

Salah satu kotak Pandora tersebut adalah supremasi hukum yang berubah menjadi supremasi kekuasaan.

Hasto juga menyinggung tentang sikap kenegarawanan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang direduksi menjadi sikap kekeluargaan oleh Anwar Usman. Hal ini dianggap mematikan peran MK sebagai penjaga keadilan.

Kotak Pandora lainnya adalah aparatur negara yang dianggap tidak netral selama proses Pemilu 2024 berlangsung, dimana terjadi intimidasi yang diduga sebagai perintah dari Presiden.

Kemudian, penggunaan sumber daya negara juga disorot oleh Hasto, dimana sumber daya negara dimobilisasi tanpa batas untuk menguntungkan paslon tertentu.

Terakhir, Hasto menyebut bahwa KPU, Bawaslu, dan lembaga survei telah menjadi bagian dari strategi pemenangan pemilu, termasuk dalam praktik sirekap.

Hasto menekankan bahwa semua ini merupakan bagian dari lima kotak Pandora yang mengancam integritas demokrasi dalam Pilpres 2024.