portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Kasus Besar Dibongkar, Kepercayaan Publik terhadap Kejaksaan Naik

Loading…

Kepercayaan publik terhadap Kejaksaan naik berdasarkan hasil survei terbaru Polling Institute. Kepercayaan publik terhadap Kejaksaan sebesar 75% pada akhir April 2024, meningkat signifikan dari 57% pada September 2023.

Peneliti Utama Polling Institute, Kennedy Muslim, menilai bahwa kepercayaan publik terhadap Kejaksaan telah stabil pada bulan April 2024 karena banyak kasus mega korupsi yang berhasil dibongkar. Salah satu contohnya adalah kasus dugaan korupsi tata niaga timah.

Pakar Hukum Pidana dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Suparji Achmad, juga menyatakan pendapat yang serupa. Dia membandingkan indeks pemberitaan media massa tentang tiga lembaga penegak hukum.

Suparji yakin bahwa tingginya kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo tidak terlepas dari kinerja positif Korps Adhyaksa, yang dipimpin oleh ST Burhanuddin. Ini terlihat dari tingginya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga penegak hukum tersebut.

Menurut Reza Ahmad dari Jaksapedia, peningkatan kepercayaan publik terhadap Kejaksaan terjadi pada tahun 2022. Saat itu, Kejaksaan berhasil membongkar kasus mafia minyak goreng yang menarik perhatian publik.

Dalam survei tersebut, approval rating Jokowi mencapai 77,1%, turun tipis 0,1% dibanding survei sebelumnya pada awal April 2024.