portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

TNI Siap Kirim 4 Batalyon ke Gaza, Ini Tugasnya

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengunjungi pasukan elit TNI di Markas Komando Detasemen Jalamangkara TNI Angkatan Laut, Komplek Arthur Solangs, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023).

JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap mengirim empat batalyon ke Gaza, Palestina. Empat batalyon yang dikirim memiliki tugas masing-masing.

Dilansir dari laman resmi TNI, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyatakan kesiapan pasukannya untuk ditempatkan sebagai pasukan perdamaian dunia di Jalur Gaza Palestina, jika mendapat mandat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

TNI tengah menyiapkan rencana merekrut brigade komposit yang nantinya akan dikirim ke Gaza sebagai pasukan perdamaian. Proses rekrutmen tersebut masih dalam tahap perencanaan.

Kepala Pusat Penerapan TNI Nugraha Gumilar menyatakan bahwa akan ada empat batalyon yang dibentuk terdiri dari Batalyon Zeni, Kesehatan, Perbekalan, dan Support atau Pengamanan.

Masing-masing batalyon memiliki tugas tersendiri selama bertugas di Gaza.

Tugas 4 Batalyon ke Gaza

1. Batalyon Zeni

Batalyon Zeni bertugas memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di Gaza.

2. Batalyon Kesehatan

Batalyon Kesehatan memiliki tugas utama memberikan perawatan medis di wilayah operasi.

3. Batalyon Perbekalan

Batalyon Perbekalan bertugas mendirikan dapur umum dan pelayanan kebutuhan makan warga Palestina.

4. Batalyon Support

Batalyon Support mendukung pengamanan dengan fungsi pemeliharaan, transportasi, pasokan, layanan lapangan, dan distribusi.

Meskipun perencanaan ini terdengar sudah matang, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto masih menyatakan perlunya persiapan dari kebutuhan administrasi.

(abd)