portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Kementan Bersama KTNA Siap Wujudkan Swasembada Pangan Nasional

BPPSDMP dan KTNA menggelar Rembug Utama KTNA dan EXPO KTNA Nasional Tahun 2024 di Tanah Lot Tabanan, Bali. FOTO/IST

JAKARTA – Guna mewujudkan swasembada pangan nasional, Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak semua stakeholder pertanian untuk terlibat. Di antaranya adalah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA).

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menekankan pentingnya sinergi dalam menghadapi ancaman krisis pangan dunia. Mentan Amran juga menaruh harapan besar terhadap pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Menteri Amran bahkan menekankan pentingnya sinergi dalam menghadapi ancaman krisis pangan dunia. “Perlunya sinergi untuk pembangunan pertanian,” ujar Mentan Amran dikutip, Sabtu (27/7/2024).

“Tanpa anda sekalian, kami tidak bisa melakukan apa-apa. Kita harus kuat bersama. Kita akan mengguncang dunia dan mencapai mimpi bersama menjadi lumbung pangan dunia,” sambung Mentan Amran.

Menindaklanjuti arahan Mentan Amran, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) bersama KTNA menyelenggarakan Pelaksanaan Pembukaan Rembug Utama KTNA dan EXPO KTNA Nasional Tahun 2024 yang berlangsung di Tanah Lot Tabanan, Bali.

Dengan mengusung tema “Bersama KTNA Kita Tingkatkan Produksi Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Swasembada Pangan Nasional”, rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak 26 hingga 29 Juli 2024 diantaranya menyajikan rembug utama, temu wicara, studi banding serta pameran inovasi produk dan teknologi yang dihadiri 3.000 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

Adapun tujuan Rembug Utama KTNA 2024 adalah mempersiapkan pelaksanaan Rembug Utama dan Expo KTNA Nasional Tahun 2024, terjalinnya koordinasi dan konsolidasi antara pengurus kelompok KTNA semua tingkatan dengan pemerintah sehingga dapat sejalan dalam mencapai tujuan tersebut. Selain itu juga sebagai bahan informasi bagi peserta Rembug Utama dan Expo KTNA Nasional Tahun 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi pada saat membuka acara tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Penjabat (Pj) Gubernur Bali dan Bupati Tabanan yang menyambut, mendukung, dan melaksanakan kegiatan Rembug Utama dan Expo KTNA Nasional.

Dedi mengungkapkan bahwa pelaksanaan PENAS XVII tahun 2026 akan diselenggarakan di Provinsi Gorontalo. Oleh karena itu kehadiran Plt Gubernur Gorontalo dapat diartikan bahwa Provinsi Gorontalo siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan PENAS XVII.

Selanjutnya, Dedi menyampaikan bahwa negara Indonesia sebagai negara agraris, namun hal ini belum tercermin pada perilaku kita sendiri, hal ini tercermin masih banyak dari kita yang lebih suka dengan produk pertanian impor, sehingga membuat kita ketergantungan pangan impor.