portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Profil Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Kapolda Jateng yang Pengalaman di Reserse

Irjen Pol Ribut Hari Wibowo adalah seorang Perwira Tinggi (Pati) Polri yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Jateng. Foto/Humas Polri

JAKARTA – Irjen Pol Ribut Hari Wibowo adalah seorang Perwira Tinggi (Pati) Polri yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah (Jateng). Sosok yang lahir pada tanggal 30 Juli 1974 di Magetan, Jawa Timur ini memiliki pengalaman dalam bidang reserse.

Irjen Ribut Hari Wibowo menjabat sebagai Kapolda Jateng setelah melalui proses mutasi dan rotasi 157 Pati dan Perwira Menengah (Pamen) Polri pada akhir bulan Juli 2024. Mutasi dan rotasi tersebut dilakukan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/VII/KEP/2024 yang ditandatangani oleh As-SDM Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo pada Jumat, 26 Juli 2024.

Sebelum menjabat sebagai Kapolda Jateng, Ribut Hari Wibowo menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier Sumber Daya Manusia Karobinkar (SSDM) Polri pada tahun 2021.

Jenderal bintang dua lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1996 ini telah menduduki beberapa jabatan strategis di lingkungan Polri. Beberapa jabatan yang pernah diemban oleh Irjen Ribut antara lain adalah Kasubbagkatpa Bagpangkat Robinkar SSDM Polri, Kapolres Salatiga tahun 2014, Kapolres Tegal tahun 2015, Kabagbinkar Ro SDM Polda Jatim tahun 2016, Kapolresta Surakarta tahun 2017.

Irjen Ribut Hari Wibowo juga pernah menjabat sebagai Dirreskrimum Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) pada tahun 2019, Analis Kebijakan Madya Bidang Akpol Lemdiklat Polri, dan Kabagmutjab Robinkar SSDM Polri pada tahun 2020. (maf)