portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Airlangga Terima Bintang Republik Indonesia Utama

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Utama. Airlangga menjadi salah satu dari 64 tokoh yang menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

“Terima kasih, saya persembahkan tanda kehormatan Bintang Republik Indonesia Utama ini untuk seluruh jajaran Kemenko Perekonomian. Perjalanan ini adalah perjalanan panjang, dalam keadaan Indonesia tidak biasa-biasa saja dan dunia tidak biasa-biasa saja,” kata Airlangga.

Tanda kehormatan merupakan penghargaan negara yang diberikan presiden kepada seseorang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi atas pengabdian dan kesetiaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara. Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Utama kepada Airlangga diberikan berdasarkan Keppres 104/TK/TH 2024 tanggal 9 Agustus 2024 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Utama.

Penerima Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Utama memiliki jasa yang luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi keutuhan, kelangsungan, dan kejayaan bangsa dan negara; pengabdian dan pengorbanannya di berbagai bidang sangat berguna bagi bangsa dan negara; dan/atau pengabdiannya diakui secara luas di tingkat nasional dan internasional.

Peran penting Kemenko Perekonomian yang dipimpin oleh Airlangga juga terus berlanjut dengan kemampuan untuk menjaga resiliensi perekonomian nasional agar terus tumbuh dengan tangguh dan turut mengendalikan inflasi pada kisaran sasaran. Perekonomian Indonesia mampu tumbuh stabil di 5,05% (yoy) dan inflasi terjaga di kisaran sasaran sebesar 2,13% (yoy) pada Juli 2024.

Selain itu, Indonesia didorong untuk terus meningkatkan daya saing ekonomi dan menciptakan iklim investasi yang kondusif serta menyiapkan sumber daya manusia yang adaptif dalam menghadapi era ekonomi digital. Airlangga juga telah menjalin kerja sama ekonomi di level global, baik bilateral, regional maupun multilateral.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Airlangga juga berhasil menjalankan sejumlah penugasan strategis seperti sebagai Ketua Komite Cipta Kerja, Ketua Bidang Sherpa Track G20, Ketua Tim Percepatan Kebijakan Satu Peta, Ketua Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat, Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), dan lainnya.

“Menyambut momen HUT RI ke-79 ini, komitmen untuk menjaga perekonomian nasional tetap pada tujuan bangsa adalah amanah penting yang harus dipegang oleh Kemenko Perekonomian. Keberhasilan yang telah dicapai selama ini menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi dan membangun kepercayaan diri untuk menghadapi tantangan di masa depan,” ujar Airlangga.