portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Prabowo Ingin Upacara HUT RI Tahun Depan di IKN Lagi

Presiden terpilih Prabowo Subianto menyatakan rencananya untuk mengadakan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun depan. “Insyaallah akan di sini lagi,” kata Prabowo di halaman Istana Negara, Sabtu (17/8/2024).

Terkait pelaksanaan di dua tempat yaitu Istana Merdeka Jakarta dan IKN, Prabowo belum dapat memberikan detailnya. Namun, ia menegaskan bahwa upacara tahun depan akan dikembaliakan di IKN. “Ya kita lihat nanti, tapi intinya upacara di sini (IKN),” kata Prabowo.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan di halaman Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN). Upacara tersebut juga disiarkan secara hybrid dari halaman Istana Merdeka, Jakarta, dan berlangsung dengan khidmat.

Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dan dipimpin langsung oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Peringatan HUT ke-79 RI tahun ini mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju,” yang merupakan momen pembuka bagi tiga transisi besar Indonesia, yaitu penyambutan ibu kota baru, pergantian pemimpin, dan menyongsong Indonesia Emas 2045.

Kolonel Inf. Nur Wahyudi, Komandan Satuan 81 Kopassus, bertindak sebagai komandan upacara. Prosesi dimulai dengan laporan dari komandan upacara dan dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali di kawasan IKN, yang diiringi bunyi sirene panjang sebagai penanda dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Setelah itu, Ketua DPR Puan Maharani membacakan naskah proklamasi yang sebelumnya dikumandangkan oleh Proklamator Soekarno 79 tahun lalu, menandai kemerdekaan Indonesia dari penjajahan. Usai pembacaan naskah proklamasi, Presiden Jokowi memimpin peserta upacara baik di IKN maupun di Jakarta untuk mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari Kalimantan Timur kemudian mengibarkan bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan pengibaran lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pengibaran bendera tersebut merupakan bagian dari rangkaian upacara yang diselenggarakan di IKN.

Setelah pengibaran bendera, komandan upacara melaporkan kepada inspektur upacara sebagai tanda berakhirnya Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penampilan paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara di Istana Merdeka, Jakarta, serta tarian tradisional dari Kalimantan Timur yang meramaikan suasana di halaman Istana Negara, IKN.