portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Hujan Lebat Akibat Gabungan Fenomena Atmosfer Berpotensi Melanda hingga 2 September 2024

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tentang potensi hujan lebat akibat gabungan fenomena atmosfer di sejumlah wilayah Indonesia hingga 2 September 2024 mendatang. Saat ini, wilayah selatan Indonesia, termasuk Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, sedang mengalami musim kemarau dengan cuaca cerah hingga berawan. Namun, BMKG memperkirakan adanya peningkatan potensi hujan di wilayah Indonesia bagian tengah dan utara, seperti sebagian Sumatera Utara hingga Tengah, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Peningkatan potensi hujan ini dipengaruhi oleh aktivitas fenomena cuaca global, seperti Gelombang Kelvin, Rossby Ekuatorial, dan Madden Jullian Oscillation, serta adanya daerah pertemuan dan perlambatan angin yang menciptakan kondisi udara labil dan berpotensi meningkatkan pembentukan awan hujan. BMKG mencatat bahwa curah hujan di beberapa wilayah Indonesia bagian utara cukup tinggi pada pertengahan Agustus 2024, dengan beberapa kejadian hujan sangat lebat.

Diperkirakan bahwa potensi cuaca signifikan hingga 2 September 2024 adalah hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

Terus pantau perkembangan cuaca dan ikuti informasi terbaru dari BMKG untuk kewaspadaan yang lebih baik.