portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Kaesang Pangarep Isi Formulir Gratifikasi di KPK

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep datang ke Gedung KPK. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Juru Bicara Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Francine Widjojo mengatakan bahwa kedatangan Kaesang ke Gedung KPK untuk berkonsultasi. Dia mengatakan bahwa Kaesang diarahkan untuk mengisi formulir gratifikasi. “Tadi Mas Kaesang mengisi formulir gratifikasi. (Sifatnya) konsultasi, kemudian diarahkan untuk mengisi formulir, formulir gratifikasinya,” kata Francine di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Francine menjelaskan bahwa saat ini Kaesang menunggu arahan dari KPK. Nantinya, KPK yang akan menentukan langkah selanjutnya. “Nanti tinggal menunggu arahan dan petunjuk dari KPK. Nanti biar KPK yang menentukan apakah itu termasuk gratifikasi atau tidak,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep datang ke Gedung KPK untuk mengklarifikasi penggunaan jet pribadi saat melakukan kunjungan ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu bersama sang istri, Erina Gudono. Kaesang mengaku jet pribadi yang ditumpanginya adalah milik seorang rekan atau temannya.

“Tadi saya juga mengklarifikasi perjalanan saya pada tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, menggunakan pesawat teman saya,” kata Kaesang di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Meskipun begitu, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menyebutkan identitas dari rekannya tersebut. “Jadi intinya untuk informasi lebih lanjut, silakan tanyakan langsung ke KPK untuk detailnya,” tambahnya.

Diketahui, Kaesang dituduh menerima gratifikasi berupa penggunaan jet pribadi. Kontroversi ini bermula dari media sosial yang ramai karena Kaesang dan istrinya Erina Gudono diduga menggunakan jet pribadi mewah saat liburan ke Amerika Serikat (AS).

Postingan tersebut menimbulkan rasa penasaran netizen. Netizen curiga bahwa Kaesang dan Erina menyewa jet pribadi mewah. Ini terlihat saat Erina membagikan pemandangan dari jendela pesawat.

(cip)