portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Profil Mayjen Mohammad Fadjar, Eks Ajudan Presiden yang Jadi Dankodiklat TNI

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto telah menunjuk Mayjen TNI Mohammad Fadjar sebagai Dankodiklat TNI. Penunjukan ini dilakukan untuk menggantikan Laksdya TNI Maman Firmansyah yang telah dimutasi ke posisi Staf Khusus KSAL. Keputusan ini merupakan bagian dari kebijakan rotasi, mutasi, dan promosi jabatan yang dikeluarkan oleh Jenderal TNI Agus Subiyanto terhadap 130 Perwira Tinggi TNI.

Keputusan mutasi ini diatur dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1080/IX/2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan pada Rabu, 11 September 2024. Dengan penunjukan ini, Mohammad Fadjar akan mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Letnan Jenderal (Letjen) TNI.

Mohammad Fadjar, yang merupakan abituren Akademi Militer 1993 dari satuan Kopassus, memiliki karier yang cemerlang dalam militer. Dia telah menduduki berbagai jabatan strategis serta memiliki pengalaman sebagai Ajudan Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2015-2016. Sebelum penunjukan ini, dia pernah menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi 2024.

Selain karier militer yang gemilang, Mohammad Fadjar juga aktif dalam pendidikan militer. Dia telah mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan militer, termasuk di Lemhannas pada tahun 2021.