portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Tiba di Jakarta, Pilot Susi Air Diserahkan ke Kedubes Selandia Baru

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto memberikan keterangan kepada media terkait Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/9/2024).

JAKARTA – Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens telah mendarat di Jakarta dengan selamat. Ia tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 22.36 WIB. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyatakan, setibanya Philip di Bandara Halim Perdanakusuma langsung diserahkan ke pihak Kedutaan Selandia Baru.

“Baru saja, saya mewakili Pemerintah RI secara resmi telah menyerahkan Kapten Pilot Philip Mehrtens kepada Pemerintah Selandia Baru yang diwakili oleh Duta Besar Selandia Baru di Jakarta, yaitu Bapak Kevin (Kevin Burnett),” kata Hadi di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/9/2024).

Menurutnya, setelah proses serah terima ini, selanjutnya Philip menjadi tanggung jawab Kedubes Selandia Baru. “Seluruh tanggung jawab sudah berada di Bapak Dubes Selandia Baru,” ujarnya. Hadi menyebutkan, pembebasan Philip dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Papua Pegunungan merupakan hasil kerja sama TNI-Polri, tokoh masyarakat setempat, hingga masyarakat. (abd)