portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Daftar 34 Kapolda Terbaru di Indonesia setelah Mutasi September 2024, Ini Nama-namanya

Daftar 34 Kapolda Terbaru di Indonesia setelah Mutasi September 2024, Ini Nama-namanya

Pada mutasi Polri terakhir, ada empat nama baru yang akan bertugas sebagai Kapolda. FOTO/DOK.HUMAS POLRI
Daftar Kapolda terbaru di Indonesia setelah mutasi September 2024 akan diulas di artikel ini. Pada mutasi terakhir, ada empat nama baru yang akan bertugas, yakni dari Irjen Andi Rian R Djajadi (Kapolda Sumsel) hingga Irjen Hadi Gunawan (Kapolda NTB).
Saat ini, ada 34 Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) aktif yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Masing-masing di antaranya memimpin satu Polda dengan pangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) atau setara bintang dua.
Berikut ini daftar terbarunya setelah mutasi Polri September 2024. Simak nama-namanya!
Daftar Kapolda Terbaru di Indonesia setelah Mutasi September 2024
1. Irjen Pol Achmad Kartiko
Jabatan: Kapolda Aceh
Alumni: Akpol 1991
Achmad Kartiko merupakan salah seorang perwira tinggi Polri. Jabatan Kapolda Aceh didapat pada September 2023 ketika menggantikan Irjen Pol Ahmad Haydar.
Sebelum menjadi Kapolda Aceh, sejumlah posisi strategis lain juga diduduki Achmad Kartiko. Di antaranya Kabidkerma Baintelkam Polri (2016), Karo Analis Baintelkam Polri (2020) hingga Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI (2021).
2. Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto
Jabatan: Kapolda Sumatera Utara
Alumni: Akpol 1994
Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto menjadi Kapolda Sumut setelah mutasi Polri akhir Juni 2024. Waktu itu, ia menggantikan Irjen Agung Setya Imam Effendi.
Melihat ke belakang, Whisnu sempat menjadi Dirtipideksus Bareskrim Polri sejak 2021. Kemudian, ia juga pernah menjabat sebagai Kasubdit II Dittipidter Bareskrim Polri (2020) serta Wadirtipideksus Bareskrim Polri (2020).
3. Irjen Pol Suharyono
Jabatan: Kapolda Sumatera Barat
Alumni: Akpol 1992
Irjen Pol Suharyono adalah lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) 1992. Predikat tersebut membuatnya berhak atas penghargaan Adhi Makayasa.
Jabatan Kapolda Sumatera Barat didapat Suharyono pada Oktober 2022. Ia sebelumnya menggantikan Irjen Rusdi Hartono.
4. Irjen Pol Mohammad Iqbal
Jabatan: Kapolda Riau
Alumni: Akpol 1991
Berikutnya ada Irjen Pol Mohammad Iqbal. Ia menjadi Kapolda Riau sejak 29 Desember 2021 setelah ia menggantikan Agung Setya Imam Effendi.

Exit mobile version