portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Daftar 4 Kapolda yang Dimutasi pada 20 September 2024, Semua di Luar Jawa

Daftar 4 Kapolda yang Dimutasi pada 20 September 2024, Semua di Luar Jawa

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah memutasi Irjen Pol Andi Rian Djajadi menjadi Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) dalam mutasi terbaru di Polri. Terdapat empat Kapolda yang dimutasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit pada 20 September 2024. Semua Kapolda yang dimutasi berada di luar Jawa.

Mutasi Polri pada 20 September 2024 melibatkan 309 Perwira Polisi. Mutasi tersebut terjadi dalam empat Surat Telegram dengan nomor masing-masing ST/2098/IX/KEP./2024, ST/2099/IX/KEP./2024, ST/2100/IX/KEP./2024, dan ST/2101/IX/KEP./2024.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menjelaskan bahwa promosi dan rotasi merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja, pelayanan, dan perlindungan Polri terhadap masyarakat.

Dari ratusan perwira yang dimutasi, empat di antaranya menjabat sebagai Kapolda di luar Pulau Jawa. Mereka antara lain:

1. Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Albertus Rachmad Wibowo, yang dipromosikan sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Dia digantikan oleh Irjen Pol Andi Rian Ryacudu.

2. Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi, dipindahkan menjadi Kapolda Sumatera Selatan, dengan posisinya digantikan oleh Irjen Pol Yudhiawan Wibisono.

3. Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Pol Yudhiawan Wibisono, digantikan oleh Irjen Pol Roycke Harry Langie yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorbinmas Baharkam Polri.

4. Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Raden Umar Faroq, yang ditarik sebagai Pati Polri karena memasuki masa pensiun, digantikan oleh Irjen Pol Hadi Gunawan.

Semua Polda tersebut berada di kategori tipe A dan memiliki lokasi masing-masing. Pemindahan jabatan ini merupakan bagian dari proses mutasi dan rotasi yang merupakan hal yang biasa dalam upaya meningkatkan kinerja Polri.