portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Angela Tanoesoedibjo Hadiri Peresmian Istana Negara di IKN oleh Presiden Jokowi

Angela Tanoesoedibjo Hadiri Peresmian Istana Negara di IKN oleh Presiden Jokowi

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenperakraf) Angela Tanoesoedibjo menghadiri peresmian Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Ketua Umum Partai Perindo tersebut tampak mengenakan batik corak hitam dengan kacamata itu pun tampak berdiri bersama jajaran pejabat yang hadir.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya meresmikan Istana Negara. Sementara, Istana Garuda akan diresmikan oleh presiden terpilih Prabowo Subianto. Pasalnya, Istana Garuda masih dalam proses penyelesaian atau finishing dan membutuhkan waktu selama satu bulan ke depan.

Istana Garuda dan Istana Negara merupakan dua titik berbeda yang menjadi bagian dari Istana Kepresidenan di IKN. Kedua Istana tersebut berlokasi di zona 1A Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Istana Negara IKN terdapat basement dan lantai dasar serta lapangan upacara bahkan telah dipakai untuk Upacara Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 lalu. Istana Negara di IKN juga digambarkan sebagai bangunan megah yang akan menjadi kediaman resmi Presiden Indonesia.

Sementara itu, Istana Garuda merupakan area khusus yang juga berada di kawasan kantor presiden. Dari pantauan, Istana Garuda berada tepat di belakang Istana Negara di dataran lahan yang lebih tinggi.

Istana Garuda juga akan menjadi tempat Presiden melakukan aktivitas kerja rutin, menerima tamu audiensi, dan menggelar rapat. Istana Garuda disebutkan mempunyai fungsi dengan Istana Merdeka Jakarta.