portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Grafik Sirekap Hilang, Sekjen Perindo: Akal-akalan KPU

Sekretaris Jenderal Partai Perindo, Ahmad Rofiq, mengomentari mengenai hilangnya grafik Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rekapitulasi suara Pemilu 2024. Menurutnya, kejadian tersebut menimbulkan kecurigaan baru di tengah masyarakat karena informasi publik yang seharusnya transparan tiba-tiba tidak dapat ditemukan.

Rofiq menegaskan bahwa tindakan KPU dalam men-take down grafik informasi tersebut justru menimbulkan lebih banyak kecurigaan dari masyarakat. Dia mempertanyakan alasan mengapa hal tersebut dilakukan baru saat ini, di tengah gelombang protes besar-besaran terkait peningkatan suara partai-partai tertentu secara signifikan.

Dia menekankan pentingnya melakukan audit forensik pada Sirekap guna membuktikan transparansi dan akuntabilitas dalam proses tersebut. Menurutnya, audit forensik merupakan langkah yang diperlukan untuk mengobati ketidakpercayaan masyarakat terhadap kejadian tersebut.

Rofiq menegaskan bahwa situasi ini sudah tidak bisa dianggap wajar lagi, sehingga audit forensik menjadi satu-satunya cara untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam proses tersebut.