portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Idulfitri 2024 Diperkirakan Seragam, Kemenag: Kita Tunggu Sidang Isbat

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, mengajak masyarakat untuk menunggu Sidang Isbat yang akan digelar pada 9 April 2024 untuk menentukan Idulfitri 2024. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkirakan bahwa posisi hilal akan terlihat pada tanggal 9 April 2024, sehingga Idulfitri diperkirakan jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Menyikapi hal tersebut, Kamaruddin Amin menegaskan pentingnya menunggu keputusan resmi dari Sidang Isbat yang akan dilaksanakan oleh pemerintah. Dia menyatakan bahwa pemerintah memiliki kewenangan untuk menetapkan tanggal Idulfitri dan Ramadan, sehingga semua pihak diharapkan untuk menunggu keputusan tersebut.

Sidang Isbat direncanakan akan diselenggarakan di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta Pusat, pada tanggal 9 April 2024. Para stakeholder, organisasi masyarakat Islam, dan duta besar negara sahabat juga diundang untuk hadir dalam sidang tersebut.

Sebanyak 134 lokasi di seluruh Indonesia telah ditetapkan sebagai titik rukyatul hilal sebagai persiapan untuk Sidang Isbat penentuan Lebaran 2024. Kamaruddin Amin juga menekankan pentingnya menghargai perbedaan apabila terdapat perbedaan pendapat mengenai penentuan tanggal Idulfitri, dan meminta masyarakat untuk menunggu keputusan resmi dari Sidang Isbat.