portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Pansel Capim KPK Evaluasi Tes Wawancara: Berat Nih, Ketat Sekali

Ketua Pansel Capim KPK Muhammad Yusuf Ateh dan Anggota Pansel Elwi Danil. Foto/Riyan Rizki Roshali

JAKARTA – Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan evaluasi tes wawancara selama dua hari. Pansel mengakui bukan perkara mudah menyaring menjadi 10 nama.

Diketahui, sebanyak 20 capim KPK telah selesai melaksanakan tes wawancara yang diselenggarakan oleh Panitia Seleksi (Pansel) di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Jakarta.

“Berat nih, kelihatannya ketat sekali ini,” kata Ketua Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh saat ditanya evaluasi tes wawancara Capim KPK selama dua hari, Rabu (18/9/2024).

Sementara itu, Anggota Pansel KPK Elwi Danil menuturkan, seluruh capim yang telah mengikuti tes wawancara merupakan orang-orang terbaik. Namun, kata dia, pihaknya tidak bisa memilih seluruh capim yang ada.

“Mereka adalah orang-orang terbaik di antara yang ada. Cuma kita kan tidak boleh memilih semuanya, harus disaring dari berbagai kriteria,” ucap Elwi.

Sebagai informasi, usai tes wawancara tersebut, seluruh Pansel KPK akan menggelar rapat pada 27-28 September untuk membahas dan menyaring 20 nama capim menjadi 10 orang. Kemudian, di awal Oktober, 10 nama yang sudah disaring itu akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selanjutnya nama tersebut akan dikirimkan oleh Presiden Jokowi ke DPR yang nantinya dipilih menjadi 5 nama untuk menjadi pimpinan KPK periode 2024-2029. (rca)