portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Sejumlah Wilayah Diguyur Hujan Sedang hingga Lebat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca untuk minggu depan, dari tanggal 3 hingga 9 November 2023. Dalam periode ini, sejumlah wilayah diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

BMKG mengungkapkan bahwa hal ini dipengaruhi oleh aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuator yang diperkirakan akan aktif di wilayah Aceh, Maluku, dan Papua selama minggu depan. Selain itu, terpantau pula gelombang atmosfer Kelvin di wilayah Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik, maupun di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” kata BMKG.

Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model, BMKG memperkirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua. BMKG juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan dampak yang mungkin timbul seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dll.

Berikut daftar wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan selama minggu depan:

3 – 4 November 2023: Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

5 – 6 November 2023: Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

7 – 9 November 2023: Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Papua Barat, dan Papua.