portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Jokowi Dianugerahi Medali Loka Praja Samrakshana Polri, Ini Artinya

Jokowi Dianugerahi Medali Loka Praja Samrakshana Polri, Ini Artinya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik Loka Praja Samrakshana kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penganugerahan tersebut dilakukan dalam apel kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih di Lapangan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, pada Senin (14/10/2024).

Medali tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi Polri kepada Jokowi atas perannya dalam pengembangan Korps Bhayangkara. Presiden Jokowi tiba di apel tersebut bersama Presiden Terpilih Prabowo Subianto sekitar pukul 08.31 WIB, dengan mengenakan setelan jas hitam dan Baret Brimob.

Selain itu, hadir pula beberapa menteri kabinet seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

Loka Praja Samrakshana merupakan istilah dalam bahasa Sanskerta yang artinya perlindungan terhadap masyarakat, bangsa, dan negara. Presiden Jokowi juga memberikan tanda kehormatan ‘Nugraha Sakanti’ kepada 7 satuan Polri di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat pada pagi yang sama.