portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

PUPR Targetkan Relokasi Korban Erupsi Gunung Ruang Selesai dalam 4-5 Bulan

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah menargetkan relokasi korban erupsi Gunung Ruang akan selesai dalam empat sampai lima bulan. Hal ini mengacu pada proses relokasi saat Gunung Semeru di Lumajang erupsi pada tahun 2021 lalu.

“Kami Insya Allah bisa melakukannya seperti saat kami ditugaskan untuk relokasi di Lumajang, di mana 2000 rumah selesai dalam waktu 4-5 bulan,” ujar Zainal saat Konferensi Pers di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Zainal juga menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa skenario untuk relokasi masyarakat terdampak erupsi, yang mencakup sebanyak 301 Kepala Keluarga (KK) yang akan dipindahkan ke Manado atau Minahasa Utara.

“Dalam skenario relokasi penduduk, kami akan memindahkan 301 KK ke Manado, Minahasa Utara, atau lokasi lain yang dipilih oleh provinsi,” jelas Zainal.

Dengan percepatan relokasi ini, diharapkan dapat membantu mengurangi kecemasan para korban yang terdampak erupsi Gunung Ruang.

“Semoga ini dapat membantu mengurangi kecemasan para korban bencana dan memungkinkan mereka untuk hidup layak secepat mungkin,” katanya.

Exit mobile version