portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

KPK Geledah Rumah Dinas Anggota DPR Vita Ervina terkait Kasus Korupsi SYL

KPK melakukan penggeledahan di rumah dinas Anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina di daerah Kalibata, Jakarta Selatan, pada Rabu malam 15 November 2023. Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK, Ali Fikri, mengkonfirmasi adanya penggeledahan tersebut yang berkaitan dengan kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Tim penyidik KPK berhasil mengamankan sejumlah dokumen serta bukti elektronik dari rumah dinas Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut. Barang-barang yang diamankan akan segera disita untuk digunakan sebagai bukti dalam berkas perkara tersebut.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Syahrul Yasin Limpo (SYL), Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Kasdi Subagyono (KS), dan Direktur Alat Mesin Pertanian, M Hatta (MH) sebagai tersangka dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan suap terkait promosi jabatan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan). SYL diduga menginstruksikan KS dan MH untuk mengumpulkan uang terkait promosi jabatan di Kementan dengan harga kisaran USD4.000 hingga 10.000 atau setara ratusan juta rupiah.

Kasus ini berawal ketika SYL membuat kebijakan terkait adanya pungutan maupun setoran dari ASN internal Kementan untuk memenuhi kebutuhan pribadi, termasuk keluarga intinya.

Exit mobile version