portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Polri Kerahkan Tim Urai Polwan untuk Atasi Kemacetan di Jabar saat Arus Mudik Lebaran

Korlantas Polri Kerahkan Tim Urai Polwan untuk Atasi Kemacetan di Jawa Barat Saat Arus Mudik Lebaran

Jakarta – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Pol Aan Suhanan menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas (lalin) dan menurunkan tim urai kemacetan di titik padat kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran 2024, terutama di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Awalnya, Aan menyebutkan bahwa Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang rentan terjadinya kemacetan arus lalu lintas saat masa mudik dan balik Lebaran 2024. Jawa Barat dilewati oleh pemudik dari Jabodetabek dan juga menjadi tujuan para pemudik, masuk dalam ranking 3 asal pemudik yang akan mudik.

Aan menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa antisipasi menghadapi kepadatan arus lalu lintas, seperti rekayasa lalu lintas dan penurunan tim urai kemacetan. Kakorlantas juga telah menyiapkan kendaraan operasional tim urai dari Jawa Barat yang akan terdiri dari Polisi Wanita (Polwan) dengan harapan para pengemudi dapat lebih patuh.

Sebelumnya, Aan telah mengungkapkan pembentukan tim pengurai kemacetan untuk mengantisipasi kemacetan jalan saat arus mudik dan balik Lebaran dengan prediksi 193,6 juta jiwa akan melakukan perjalanan mudik. Tim pengurai kemacetan akan didistribusikan 500 kendaraan roda dua untuk mendukung Sub Satgas Urai Macet guna memperlancar dan menjamin keselamatan masyarakat.

Aan berharap dengan dibentuknya tim urai kemacetan dapat membantu memperlancar arus lalu lintas atau mengatasi gangguan yang dialami pengendara selama arus mudik-balik. Tim ini akan melakukan patroli sesuai dengan jam rawan dan turun mengatasi kemacetan jika terdapat laporan gangguan dari Command Center.

Exit mobile version