portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Jubir TPN Tama S Langkun Khawatir Netralitas Aparat Negara di Pemilu 2024

Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar- Mahfud, Tama S Langkun menghadiri Diskusi Media bertajuk MK dan Netralitas Aparat Negara 2024 yang digelar Media Center TPN Ganjar-Mahdud, Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin (23/10/2023). Tama mengungkapkan kekhawatirannya terkait netralitas aparat negara di Pemilu 2024.

Tama berharap agar aparat negara mampu menjaga netralitasnya pasca putusan tersebut. Ia berharap keanehan putusan hanya terjadi di Mahkamah Konstitusi (MK) dan tidak terjadi di lembaga negara lainnya. Tama juga melihat bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat menjaga netralitas, namun dia mengkhawatirkan para pejabat di atas ASN.

Terkait putusan MK mengenai gugatan batas usia 70 tahun, Tama merasa bersyukur karena putusan tersebut sesuai dengan harapan mereka. Hal ini sejalan dengan putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023 sebelumnya. Meski demikian, Tama menganggap putusan MK sebelumnya agak aneh karena adanya perubahan dalam syarat legal standing penggugat.

Tama berpendapat bahwa perlu ada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang dirumuskan oleh DPR dan pemerintah. Hanya dengan surat pemberitahuan yang mengikuti keputusan MK, hal ini seolah-olah menggenapi apa yang telah diputuskan dalam putusan MK.

Sumber: https://www.sindonews.com/topic/136409/tama-s-langkun https://www.sindonews.com/topic/156971/ganjar-mahfud (jon)

Exit mobile version