portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Ravindra Sebut Petani dan Peternak Sejahtera Jika Prabowo-Gibran Menang

Anggota DPR Ravindra Airlangga optimis bahwa program unggulan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak. Menurut Ravindra, program ketahanan pangan dari pasangan calon nomor urut 2 dapat memberdayakan seluruh petani dan peternak di Bogor.

“Program capres-cawapres Prabowo-Gibran diyakini sesuai dengan kebutuhan petani dan peternak di wilayah Bogor. Nantinya, hasil produk-produk mereka bisa terserap dalam program Makan Siang dan Susu Gratis di Sekolah,” ujar Ravindra pada Kamis (14/12/2023).

Ravindra, yang merupakan anggota Fraksi Partai Golkar di DPR, menyebut bahwa banyak komoditas di Kabupaten Bogor yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung program Prabowo-Gibran. Dalam program Makan Siang dan Susu Gratis, pasangan ini akan memaksimalkan produk petani, peternak, atau nelayan lokal.

“Bogor memiliki banyak hasil bumi unggulan dan hasil peternakan. Saya yakin ini akan terserap secara maksimal. Roda ekonomi berputar dari bawah, di petani dan peternak lokal, kesejahteraan akan diperoleh,” tegas Ravindra.

Selain itu, Ravindra juga berharap adanya dukungan closed loop financing untuk pelaku peternakan. Ia mengakui bahwa akses keuangan untuk peternak saat ini masih terbatas, baik karena faktor agunan, catatan kredit, pembukuan, maupun alasan lain.

“Dengan skema closed loop, avalis atau offtaker akan menjamin akan membeli hasil mitra peternakan. Dengan ekosistem yang lengkap, akan juga dibuat pendampingan sehingga produk dibuat sesuai dengan good practices yang selaras dengan kebutuhan avalis mitra,” jelas Ravindra.

Ravindra juga menyinggung bahwa salah satu lembaga perbankan, yaitu Bank BJB, pernah menerapkan skema closed loop ini. Dari kick off hingga pertengahan 2022, tingkat Non Performing Loan (NPL) terjaga mendekati nol persen.

(cip)

Exit mobile version