portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Brevet Koleksi Marsdya Andyawan Martono Putra, Lulusan AAU 1989 yang Berpeluang Jadi KSAU

Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra telah ditugaskan sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Wakasau) sejak 17 November 2023 lalu. Ia menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang oleh Marsdya TNI Agustinus Gustaf Brugman yang pensiun. Mutasi dan promosi ini didasarkan pada Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1324/XI/2023 yang diterbitkan pada 17 November 2023.

Dalam surat keputusan tersebut, terdapat daftar 60 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang mengalami mutasi dan promosi, termasuk Marsdya Andyawan Martono Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II. Kini, Andyawan Martono Putra menempati posisi sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau), yang merupakan posisi kedua di TNI Angkatan Udara.

Andyawan Martono Putra juga menjadi salah satu calon kuat untuk menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang akan pensiun pada bulan April. Andyawan adalah lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1989 dan telah memiliki pengalaman dalam penerbangan tempur dengan F-16 Fighting Falcon.

Karier militer Andyawan dimulai sebagai Perwira Penerbang Skadron Udara 3 dan terus berkembang dengan berbagai jabatan seperti Kasi Ops Skadron Udara 3, Instruktur Penerbang Skadik 104, Danflight Ops B Skadron Udara 3, Kadisops Skadron Udara 3, Danskadron Udara 3, serta berbagai jabatan lainnya sebelum akhirnya menempati posisinya saat ini.

Exit mobile version