portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

18 Daerah Ini Tidak Mengalami Hujan Lebih 2 Bulan

loading…
Ilustrasi kemarau. Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan sebanyak 18 daerah yang tersebar di 3 provinsi tidak mengalami hujan lebih dari 2 bulan. Daerah yang tidak diguyur hujan terbanyak ada di Jawa Timur. “Baru 45% Zona Musim Indonesia yang sudah masuk musim kemarau. Selebihnya masih mengalami musim hujan. Saat ini, terdapat 18 daerah yang tersebar di 3 provinsi mengalami ketiadaan hujan lebih dari 2 bulan,” tulis BMKG dalam keterangannya, Rabu (24/7/2024).

BMKG mengatakan wilayah yang sudah mengalami musim kemarau meliputi sebagian Aceh, sebagian Sumatera Utara, sebagian Riau, sebagian Bengkulu, sebagian Jambi, sebagian Sumatera Selatan, sebagian Lampung, sebagian Banten hingga NTT, sebagian Kalimantan Selatan, sebagian Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan, sebagian Sulawesi Tenggara, dan sebagian Papua Selatan.

BMKG pun mengimbau masyarakat untuk hemat dan menggunakan air secara bijak. Supaya dampak kekeringan bisa kita hadapi bersama. “Bagi daerah yang masih mengalami musim hujan, periksa lingkungannya supaya bisa menampung dan mengalirkan air hujan dengan baik. Apa pun musimnya, siap siaga dan siap selamat,” pungkasnya.

Berikut 18 daerah di 3 provinsi yang tidak mengalami hujan dengan kategori ekstrem panjang sampai dengan pertengahan Juli 2024:

1. NTT
– Kota Kupang (92 hari)
– Belu (91 hari)
– Sumba Timur (89 hari)
– Sabu Raijua (76 hari)
– Kupang (64 hari)

2. Jawa Timur:
– Kota Probolinggo (90 hari)
– Probolinggo (90 hari)
– Jember (87 hari)
– Kediri (87 hari)
– Pasuruan (86 hari)
– Situbondo (86 hari)
– Banyuwangi (85 hari)
– Blitar (85 hari)
– Mojokerto (85 hari)
– Tulungagung (85 hari)

3. NTB:
– Lombok Timur (88 hari)
– Bima (85 hari)
– Dompu (85 hari)

(rca)

Exit mobile version