portal berita online terbaik di indonesia
Berita  

Calon Gubernur Sulteng Ahmad Ali Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi Penyintas Bencana 2018

Calon Gubernur Sulteng Ahmad Ali Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi Penyintas Bencana 2018

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ahmad Ali – Abdul Karim Aljufri menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para penyintas gempa dan tsunami tahun 2018 di Kelurahan Panau, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu pada Sabtu (28/9/2024).

Acara ini merupakan bentuk refleksi enam tahun bencana gempa, likuefaksi, dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan sekitarnya pada 28 September 2018. Selain memberikan layanan kesehatan gratis, acara ini juga menjadi kesempatan untuk mendengarkan cerita para penyintas setelah tinggal di hunian tetap (Huntap) pasca bencana.

Juru kampanye dari tim Koalisi Beramal (Bersama Ahmad Ali – Abdul Karim), Mutmainah Korona, menyatakan bahwa program yang responsif bagi korban bencana alam terus dipastikan oleh tim tersebut. Mereka berkomitmen untuk menyelenggarakan program dan kebijakan yang responsif bagi para korban bencana alam, serta merencanakan agenda ketahanan ke depan.

Menurut Mutmainah Korona, enam tahun setelah bencana alam masih terjadi masalah yang belum terselesaikan sepenuhnya. Pembangunan rehabilitasi hampir selesai, namun masih terdapat permasalahan terkait infrastruktur dan pemukiman. Banyak penyintas yang masih menunggu kepastian tentang Huntap-nya.

Selain itu, pemerintah juga perlu memperhatikan pemulihan ekonomi dan persiapan kota tangguh bencana untuk masa depan, yang harus didukung bersama.

(SKR)

Exit mobile version